Jatuh Bangun Alex Ferguson Bersama Manchester United

Alex Ferguson Pertama menginjakkan kaki di Old Trafford 1986, menempati kursi pelatih Manchester United menggantikan Ron Atkinson. Yang menurut kami sedikit aneh dari seorang Alex Ferguson adalah ia meninggalkan Aberdeen klub sepakbola asal Skotlandia tersebut, setelah susah payah berhasil merebut juara pertama kalinya untuk klub tersebut. 

Start buruk yang dialami oleh Manchester United, kemudian pada Desember 1989 santer terdengar isu pemecatan Fergie. Para fans fanatik United kala itu sangat membenci Fergie serta menggantungkan banner dengan tulisan yang berbunyi Tiga tahun beralasan dan masih payah- Sampai Jumpa Fergie.

Fergie Selamat Berkat 1 Gol

Pada tahun 1990 karir Alex Ferguson selamat, ketika United mengalahkan Nottingham Forest 1-0 di putaran ketiga Piala FA. Gol tersebut dicetak Mark Robins, akhirnya pertandingan ini dimenangkan United dan berhasil merebut juara PIala FA.

Pada tahun 1991 berikutnya bergabunglah Ryan Giggs dan memulai pertandingan pertamanya melawan Everton namun sayang harus kalah 2-0. Pemain ini punya kecepatan dribble bola sangat apik dan menempati winger kiri. Pria asal Wales ini juga melampaui rekor Sir Bobby Charlton dari sisi penampilan terbanyak 756 kali bersama Manchester United.

Piala Liga Premier Pertama Fergie

Pada tahun 1992 Fergie berinisiatif membeli Eric Cantona dari Leeds United dengan nilai 1,2 juta Pounds, setelah itu Fergie berhasil menyabet gelar liga Inggris pertamanya tahun 1993 yang dimotori Cantona. Setelah Manchester United berhasil menyingkirkan Aston Villa, gelar ini merupakan gelar pertama klub Setan Merah yang sudah absen juara selama 25 tahun lamanya.

Kemudian pada tahun 1993 Ferguson kembali menerima trofi penghargaan manager of the month, di kancah Liga Inggris untuk pertama kalinya. Tidak berhenti sampai disana Fergie kembali mengoleksi gelar ini lagi sebanyak 25 kali.

Pada 1994 berikutnya Fergie kembali meraih status Double Winner pertamanya, untuk klub yang sama. Dengan menyabet Piala Liga dan Piala FA pada musim yang sama, ketika Cantona menorehkan 2 gol untuk United dan menumbangkan Chelsea dengan skor telak 4-0 di final.

Insiden Demi Insiden Yang Dialami Fergie

Pada tahun 1995 insiden tendangan Kung fu kick yang dilakukan Cantona ketika itu dirinya dikenai sanksi larangan bermain selama 8 bulan. Setelah selesai menjalani hukuman tersebut, Fergie mencoba membujuk Eric Cantona untuk tetap bertahan di Old Trafford.

Absen nya Cantona ketika menjalani hukuman larangan bermain dinilai berpengaruh performa United, pada musim panas tahun 1995. Kala itu United kalah dari tim Blackburn Rovers dan kemudian kembali menelan kekalahan dari Everton di final Piala FA. 

Alex Fergie kembali menelan kritikan pedas manajemen klub karena dinilai sudah membiarkan 3 pemain bintang mereka, pergi meninggalkan klub United  yaitu Mark Hughes, Andrei Kanchelskis, dan Paul Ince.

Kemudian Fergie kembali konflik dengan Kevin Keegan, kala itu menjabat pelatih Newcastle United pada tahun 1995. Perseteruan ini bisa dikatakan sebagai mind games terpanas dalam karirnya. Namun bisa dikatakan Fergie berhasil membungkam nya dengan menyabet double winners trofi Liga Inggris serta Piala FA.

Tidak berhenti sampai disitu insiden besar kembali terjadi, pada 1997 pemain bintang Eric Cantona gantung sepatu. United seperti kehilangan sebagian kekuatan dari skuad terbaiknya, setelah menelan kekalahan dari Borussia Dortmund di laga semifinal Liga Champions dan harus berhenti di posisi ke 4.

Namun 2 tahun berikutnya Fergie berhasil membuktikan kepada publik, dengan menyabet treble winners. Penghargaan tersebut berhasil diraih pada tahun 1999, dengan mengalahkan Bayern Munich di laga final Liga Champions dengan skor 2-1 serta disusul 2 gelar juara Liga Domestik.

Kemudian Skip ke tahun 2011 dimana Manchester United bertemu dengan rival 1 kota nya Manchester City dan menjamunya di Old Trafford. Ketika itu Fergie bersiap untuk perayaan 25 tahun membina United. 

Sir Alex Ferguson justru membukukan kekalahan terbesar di sepanjang sejarah karirnya bersama United, dimana setan merah dikalahkan tanpa perlawanan dikandang sendiri dengan skor telak memalukan 1-6.

Sampai pada tahun 2013 Sir Alex Ferguson memutuskan pensiun setelah 27 tahun membina Manchester United, penutupan karirnya sebagai pelatih ia meriahkan dengan mempersembahkan gelar juara premier league terakhirnya untuk United.